KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH PROVINSI ACEH

Penghargaan Rintisan Teknologi Industri Tahun 2014

Pedoman Penghargaan Rintisan Teknologi Industri Tahun 2014


KATA PENGANTAR
Penghargaan Rintisan Teknologi (RINTEK) diberikan sebagai penghargaan pemerintah kepada industri yang telah secara luar biasa menghasilkan perekayasaan dan invensi dan atau inovasi teknologi. Kementerian Perindustrian secara terus menerus mendorong industri agar terus melakukan upaya pengembangan atau perekayasaan teknologi sehingga ketergantungan Indonesia pada impor barang – barang modal/mesin dan peralatan dapat diminimalkan. Melalui penghargaan ini diharapkan akan memotivasi perusahaan industri maupun inventor untuk terus berkarya serta
menumbuhkan semangat nasionalisme.
Agar penghargaan RINTEK dapat diberikan kepada industri yang benar-benar berhak, maka perlu disusun pedoman umum penyelenggarakan penghargaan RINTEK untuk digunakan bagi penyelenggara penghargaan RINTEK agar memiliki pemahaman dan pengertian yang sama tentang kategori penerima, organisasi dan mekanisme pemberian penghargaan RINTEK di daerah dan pusat, organisasi dan mekanisme pengusulan, seleksi dan penilaian terhadap calon penerima oleh Tim Pengusul di daerah maupun di pusat.Dengan diterbitkannya pedoman ini diharapkan penyelenggaraan penghargaan RINTEK dapat berjalan lancar, efektif dan calon penerima penghargaan RINTEK benar-benar terseleksi dengan baik.
 I. PENDAHULUAN
Penghargaan RINTEK diberikan kepada industri yang telah secara luar biasa menghasilkan perekayasaan dan invensi dan atau inovasi teknologi. Penghargaan tersebut diberikan merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2006 yang lalu. Mulai tahun 2012, penghargaan ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali setiap tahun genap. Hingga saat ini penghargaan dimaksud telah diberikan kepada 28 industri dengan 38 inovasi teknologi yang dihasilkan.
Kementerian Perindustrian secara terus menerus mendorong lembaga R&D maupun industri agar terus melakukan upaya pengembangan atau perekayasaan teknologi sehingga ketergantungan Indonesia pada impor barang – barang modal/mesin dan peralatan dapat diminimalkan. Melalui penghargaan ini diharapkan akan memotivasi perusahaan industri dan lembaga R&D maupun inventor untuk terus berkarya serta menumbuhkan semangat nasionalisme. Harus disadari bahwa, perkembangan industri tidaklah dapat dipisahkan dari peran teknologi, yang berarti harus adanya sinergi dan networking antara pemerintah, pelaku industri, dan ilmuwan.
Dengan melibatkan juri yang yang berkompeten dari berbagai lembaga, penghargaan RINTEK telah menelurkan para pemenang setiap tahunnya. Diharapkan para pemenang dapat terus melakukan invensi dam atau inovasi teknologi lebih lanjut di bidang masing-masing.
II. TUJUAN
Tujuan diselenggarakannya Seleksi Rintisan Teknologi Industri untuk kedelapan kalinya
pada tahun 2014 ini adalah:
  1. Memberikan apresiasi terhadap industri yang mempunyai prestasi yang luar biasa dibidang teknologi
  2. Mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan
  3. Mengembangkan daya saing industri nasional dengan memanfaatkan dan mengembangkan riset dan teknologi industri yang bernilai tinggi.
III. MANFAAT
Bagi    Pemerintah:    Sebagai    salah    satu    cara    pemerintah    untuk    mendukung    peningkatan kemampuan teknologi secara berkelanjutan di dunia industri, sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan daya saing industri nasional.
Bagi    Peserta:
  1. Penghargaan yang rencananya diberikan secara langsung oleh Presiden RI di Istana Negara, Jakarta merupakan pengakuan resmi dari pemerintah dalam bidang rintisan teknologi
  2. Seiring dengan penghargaan tersebut tentunya akan meningkatkan prestise dari perusahaan dan produk yang dihasilkan
  3. Meningkatnya prestise perusahaan dan produknya, biasanya diimbangi oleh meningkatnya antusiasme konsumen.
DOWNLOAD BOOKLET DAN BROSUR
Booklet Rintek 2014
Brochure Rintek 1
Brochure Rintek 2

Share:

0 komentar:

INGAT COVID, INGAT MASKER

DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Support